2
Oleh: Mama Produktif

www.malahayatimamaproduktif.blogspot.com-  Sudah menjadi rahasia umum bahwa wanita memiliki naluri ingin selalu tampil menarik. Baik itu saat masih gadis atau setelah berumah tangga terlebih setelah melahirkan sang buah hati.

Biasanya mereka banyak mengeluhkan perut yang buncit tidak kunjung balik lagi seperti semula? Kenapa yah? Banyak pertanyaan dalam benaknya.

Sebenarnya setelah melahirkan, berat badan auto berkurang sekitar 3 - 6 kg. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari berat badan bayi, plasenta, banyaknya darah dan air ketuban yang keluar.

Dilansir dari alodokter.com (17/3) bahwa mengecilnya perut setelah melahirkan pun rupanya tergantung pada beberapa faktor, termasuk:

  • Genetik.
  • Bentuk dan ukuran tubuh sebelum mengandung.
  • Berapa banyak berat badan naik selama masa kehamilan. 
  • Seberapa banyak Bunda bergerak berolahraga. 


Nah, jika sahabat salah satunya, artikel ini akan membahas  11 Tips Ampuh Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan merupakan rangkuman dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi penulis.

Kuy ini dia tips  mengecilkan perut setelah melahirkan;

#1 Menyusui 

Hal yang paling gampang untuk mengecilkan perut setelah melahirkan secara normal maupun melahirkan secara Caesar yaitu menyusui.

Kenapa?

Disadari atau tidak dengan menyusui sang buah hati (red: asi eksklusif) minimal selama 6 bulan bisa mengecilkan perut. Apalagi jika dilakukan pemberian ASI hingga 2 tahun. Ohya, menyusui juga merupakan KB alami yah Moms.
www.bangkapos.com

Hal itu dikarenakan menyusui bisa membakar 500 kalori perhari juga memicu kontraksi yang membantu mengecilkan perut seperti layaknya sedang berolahraga

Jika sahabat seorang ibu yang bekerja tetap lah memberikan ASI dengan cara Pumping dimana kandungan ASI lebih baik dibandingkan susu formula mana pun. 


#2 Makan sedikit tapi sering 

Ini dia yang jarang dilakukan kebanyakan emak-emak hehehe.
Biasanya disaat lapar makan sekaligus banyak alias kalap alih-alih sedang menyusui.

Saat 6 bulan pertama pasca melahirkan perubahan hormon dan kebiasaan tidur yang berubah mengikuti jadwal tidur si kecil bahkan bisa begadang semalaman. 

Ibu menyusui membutuhkan kalori ekstra minimal 1800- 2200 kalori perhari dilansir dari alodokter.com (17/3) untuk memproduksi ASI.

Namun begitu daripada makan langsung banyak disarankan untuk makan sedikit tapi sering agar metabolisme lancar berbeda jika menahan lapar maka metabolisme tubuh malah akan melambat.

Dilansir haibunda.com (17/3), nutrisionis Victoria Djajadi, MND menyarankan membuat jadwal makan enam kali dalam sehari (tiga kali makan besar dan tiga kali makan snack). Hal itu dapat membantu agar kembali ke tubuh ideal dengan dibarengi sering minum air putih.

Namun ada beberapa makanan yang perlu dihindari seperti makanan gorengan, kerupuk, keripik, manisan, kue-kue, sirup dan gulali atau permen ya."

#3 Hindari Tidur setelah makan dan makan berat tengah malam

Hindari tidur setelah makan

Ini dia kebiasaan yang sering dilakukan oleh emak-emak yang habis melahirkan. Karena kurang tidur semalaman atau begadang biasanya suka tidur atau ketiduran setelah makan. 

Kebetulan saat itu sambil menyusui si kecil di tempat tidur. Akhirnya si emak ikutan tidur juga. Disaat 'nikmat' itulah ia lupa bahwa ia selesai makan terus langsung tidur malah menyebabkan perut makin membuncit karena penumpukan lemak dan kalori. Big No ya moms.

Hindari Makan Berat Tengah Malam 

Hindari makan berat saat tengah malam. Si kecil biasanya bangun tengah malam untuk menyusui hingga menyebabkan emak kelaparan tengah malam. 

Pada jam itu tidak disarankan untuk makan berat tapi makanlah buah-buahan atau  susu khusus untuk ibu menyusui.

#4 Gunakan Korset

Salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan secara tradisional adalah menggunakan korset
Memakai korset efektif dapat mengencangkan otot-otot perut. 

Namun hal ini tidak disarankan untuk mengecilkan perut jika sahabat setelah melahirkan secara Caesar sebaiknya konsultasi kan kepada dokter karena harus menunggu pemulihan pasca operasi di bagian perut.

Hal ini dikarenakan memakai korset perut akan mengecil dan mendorong rahim kembali ke ukuran semula, membantu mengurangi rasa nyeri pada pinggang, serta mengembalikan postur tubuh yang mengalami pergeseran pasca melahirkan.
#5 Diet Seimbang

Agar bisa tercukupi kebutuhan gizi untuk sahabat dan si kecil dengan menjaga asupan makanan. Mengkonsumi protein, karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran, lemak tak jenuh, biji-bijian, dan makanan tinggi serat lainnya, yang membuat sahabat merasa kenyang lebih lama. 
www.liputan6.com

Hindari junk food atau makanan siap saji. Jangan melakukan diet ekstrim karena akan mempengaruhi tubuh dalam memproduksi ASI hingga si kecil tak mendapatkan asupan gizi yang cukup. 

#6 Minum Banyak Air Putih

Minumlah 8 gelas sampai 12 gelas air sehari.  Dengan minum banyak air putih, dapat membantu  menurunkan lemak perut,  membantu mengembalikan keseimbangan cairan tubuh, mendorong kelebihan lemak untuk dibuang melalui proses metabolisme, membuang racun dari dalam tubuh,  merasa lebih kenyang dan mencukupi kebutuhan air dapat mencegah dari dehidrasi.

#7 Minum teh hijau

Mengonsumsi teh hijau salah satu cara tradisional setelah melahirkan  adalah pilihan yang baik untuk mengurangi perut buncit.

Kenapa?

Karena menurut penelitian teh hijau  baik untuk membantu pemecahan sel-sel lemak sehingga mempercepat pembakaran lemak, melindungi dari efek radikal bebas dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga bagus untuk proses penurunan berat badan.
www.tribunjateng.com

Mengonsumsi teh hijau setelah olahraga akan memberikan efek yang lebih baik dalam proses menurunkan berat badan. 

Penelitian di Journal of Nutriotion menemukan minum 4-5 cangkir teh hijau setiap hari disertai dengan olahraga dapat mengurangi kegemukan sebanyak 8 persen setelah tiga bulan. MasyaAllah. 

#8 Konsumsi probiotik

Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mengontrol metabolisme tubuh termasuk lemak perut pasca melahirkan. Probiotik dikenal sebagai bakteri "baik" yang mampu meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan. 

Namun, studi lebih lanjut mengemukakan bahwa konsumsi probiotik saja tidak serta merta dapat menurunkan berat badan harus disertai dengan olahraga.

#9 Konsumsi banyak vitamin C 

Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas, cara mengecilkan perut bisa dilakukan dengan konsumsi vitamin C. Vitamin dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengoksidasi lemak dan mengubahnya menjadi energi. Sehingga, konsumsi vitamin dapat membantu mengurangi 30 persen lemak asal diiringi dengan olahraga. 

Usahakan mengonsumsi vitamin C sebanyak 100 mg per hari Vitamin C bisa didapat dari buah dan sayur.  Salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C adalah jeruk nipis.

Cara mengecilkan perut bisa dilakukan dengan mengonsumsi jeruk nipis dan madu. Madu sejak dulu juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan perut buncit. 

www.liputan6.com

Jeruk nipis dan madu menjadi cara mengecilkan perut secara alami karena bisa membantu mendorong pembakaran lemak.

Caranya, tambahkan 1 sendok teh madu dengan perasan 1/2 buah jeruk nipis dalam 1 gelas air hangat. Minum campuran ini setiap pagi saat perut kosong untuk membakar lemak dan mendetoksifikasi tubuh.

#10 Menggendong anak

Salah satu manfaat menggendong buah hati selain berguna untuk menidurkan juga bisa digunakan untuk olahraga. 

Kenapa dikatakan demikian?

www.motherandbaby.co.id

Karena dengan menggendong sang buah hati  ibarat membawa beban seberat 3 kg hingga 5 kg, ujar ahli kebugaran prenatal. Jika ditambah dengan squat (gerakan berulang dari posisi berdiri, ke posisi seperti akan duduk, lalu kembali ke posisi berdiri), otot tubuh bagian bawah akan terbentuk dan metabolisme tubuh jadi meningkat.

Hal lainnya bisa dengan berjalan kaki di sekitar rumah sambil menggendong buah hati di pagi hari untuk mendapatkan manfaat sinar matahari.  Tapi jangan terlalu lama terkena sinar matahari yah hanya sekitar 10-15 menit saja.

#11 Berolahraga

Banyak emak-emak (red:Moms) yang setelah melahirkan susah untuk memulai berolahraga kembali. Padahal manfaat berolahraga selain mengecilkan perut, membakar kalori juga bisa mengencangkan kembali dinding rahim. 

Memulai berolahraga bagi ibu setelah melahirkan adalah setidaknya tunggu sampai 6 Minggu.

Dari sekian banyak poin diatas tidak akan dapat berhasil secara optimal jika tidak dibarengi dengan olahraga.

Nah, Olahrga apa yang bisa dilakukan setelah melahirkan?

Mulailah untuk beryoga 

Yoga adalah salah satu olahraga ringan dan bisa dilakukan di rumah saat bayi tertidur. Sahabat bisa mempelajari    gerakan yoga untuk mengecilkan perut setelah melahirkan 
dari buku atau internet atau media online lainnya. Gerakan yoga, diyakini dapat membantu membuat perut rata kembali pasca melahirkan. Mantap.

www.liputan6.com

Latihan Kegel

Latihan kegel selain untuk mengencangkan otot-otot vagina juga membantu menurunkan lemak perut pasca melahirkan. Latihan ini juga bisa dilakukan di rumah dengan mengikuti gerakan dari compact disc atau media online

Berjalan kaki

Jika belum kuat  berolahraga,  Anda dapat menggantinya dengan berjalan kaki santai sambil menggendong si kecil di pagi hari. Mulailah dengan laju lambat, sedang kemudian cepat. 

Jika dilakukan rutin setiap pagi, cukup efektif mengurangi lemak di perut. Tubuh pun akan lebih bugar. Jika merasa sudah cukup kuat, Anda bisa melakukan olahraga yang lebih berat seperti aerobic, berenang atau bersepeda.

Ahli kebugaran Sarah Haley merekomendasikan latihan yang melintasi perut, otot perut dalam yang berfungsi seperti penahan dan menyatukan bagian perut sebagai salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan, seperti olahraga plank
www.haibunda.com

Ingat ya moms, apapun metode atau cara yang dilakukan, hanya satu kunci yang pasti lakukan dengan teratur dan rutin setiap hari sampai menunjukkan hasil yang optimal.

Dan satu hal yang lebih penting, yaitu kesehatan si kecil dan emak menjalankan dengan happy.

Terimakasih telah membaca.
Selamat mencoba! (End)




Sumber:



Post a Comment

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    ReplyDelete
  2. KlasikQQ|Agen Judi Online|Taruhan Online|Judi Bola|Agen Judi Online Terpercaya Indonesia|

    Ingin mencari uang jajan tambahan?
    KlasikQQ akan menjadi jawaban yang paling tepat.
    KlasikQQ adalah agen judi online terpercaya dan aman di Indonesia.
    hanya dengan deposit 25rb, anda sudah bisa menikmati keseruan bermain judi online.
    KlasikQQ juga menawarkan berbagai promo" dan bonus yang sangat menggiurkan.

    KlasikQQ memproses depo/wd dengan cepat dan aman.
    KlasikQQ menyediakan berbagai permainan seperti sportsbook (Ubobet, Sbobet, CMD368), Live Casino, IDNPoker, Slots, IDNLive dan lainnya.
    KlasikQQ menggunakan 5 bank lokal terpercaya sebagai sarana DP/WD seperti BCA, BNI, BRI, Mandiri dan Danamon.

    KlasikQQ akan memberikan kenikmatan dan keseruan bermain judi online yang aman dan terpercaya.
    Untuk bergabung bisa langsung menghubungi kami di :
    Livechat : https://bit.ly/2VBUs4o
    WA : +855 9752 04320
    LINE : klasikQQ
    Wechat : klasikQQ03

    ReplyDelete

Silahkan jika mau menyapa, memberikan komentar, mau bertanya, saran dan kritik yang membangun. Terimakasih 🙂

 
Top